Rabu, 07 Oktober 2009

Logo


Bingkai Luar Berupa Perisai
Pendidikan Al-Ittihaad berfungsi sebagai perisai, filter penyaring dan benteng pertahanan diri dari pengaruh luar sebagai dampak kemajuan teknologi dan pengaruh global dunia yang tidak sesuai dengan syariah Islam.

Kitab Terbuka
Mempelajari, menganalisa dan mendalami inti ajaran Islam dengan dasar kitab Suci al-Quran, al-Hadits, Ijma dan Qiyas, sesuai literatur standar yang merujuk pada kitab-kitab ulama salaf, berdasarkan jalan yang ditempuh (thoriqoh) Ahlussunah Wal Jamaah. Sifat terbuka, mengandung maksud tidak adanya upaya ekstrim untuk mengharuskan doktrin keyakinan bagi para santri. Perbedaan dijadikan sebagai perbandingan dalam kerangka menambah wawasan, memperluas cakrawala dan orientasi pemahaman hazanah Islam secara makro / luas.

Kubah dan Menara Masjid
Perwujudan dari jati diri muslim dengan tegaknya shalat lima waktu untuk mencegah diri dari perbuatan munkar serta mendidik untuk selalu berserah diri dihadapan Allah SWT. dengan menjadikan masjid sebagai centra dakwah.

Pena Berbulu dengan Tinta Bak
Menyerap ilmu dari para guru dengan berbagai media belajar, agar dapat memperlajar, memahami dan mengamalkan mengembangkan dalam kehidupan sehari-hari, yang muara akhir pencapai ilmu manfaat (naafi’an) dan ilmu yang bias diambil manfaat ( yuntafa’u bihi).

Burung Hantu dangan Sayap Terbentang
Mendidik manusia untuk banyak dzikir, tafakkur dan berfikir pada malam hari.

Tangan Memegang Obor yang Menyala
Ilmu yang diperoleh, diamalkan sebagai penerang jalan hidup bagi diri dan diajarkan terhadap masyarakat lingkungan sekitar menuju selamat dan bahagia di dunia dan di akhirat.

0 komentar: